Cara Tepat Untuk Mengatasi Pilek Pada Bayi

Atasi Pilek Pada Bayi – Salah satu penyakit yang kerap dialami oleh bayi adalah pilek. Hal ini gara-gara usia bayi masih rentan energi tahan tubuh pada suatu penyakit. Pilek adalah penyakit yang kerap berlangsung tidak hanya pada anak-anak namun juga pada bayi. Pilek biasa dikenal Influenza suatu penyakit yang menular gara-gara tersebarnya suatu virus pada si penderita. Ada style 200 virus pilek agar bayi dengan ringan terserang penyakit ini.

Pilek atau Influenza kebanyakan ditandai dengan keluarnya cairan berwarna jernih namun mampu berubah menjadi kekuningan atau kehijauan setelah masa inkubasi kira-kira satu minggu. Tak jarang, kalau kala pilek melanda ia mampu disertai dengan batuk atau demam. Karenanya system kekebalan tubuh melemah maka segala penyakit mampu saja menyerang. Perlu diwaspadai bagi bunda kalau anak Anda mengalami pilek. Jangan khawatir, kita bakal sajikan tips-tips sederhana cara mengatasi pilek pada bayi.

Tips Sederhana Agar Pilek Pada Bayi Segera Mereda

Perlu diketahui, dikala hidung mengeluarkan cairan yang disebut “ingus” sesungguhnya ini adalah keliru satu cara menghalau bakteri/kuman di dalam tubuh. Namun kalau cairan ini timbul amat banyak, maka ini bakal menganggu di dalam system pernafasannya. Berikut tips-tips yang mampu bunda laksanakan di rumah.

Hindari bayi dari ruangan AC


untuk mengurangi hidung tersumbat. Jika bayi udah merasakan nyaman diruangan AC, menggunakan mesin pelembap udara. Setelah itu taruh minyak essensial di di dalam ruangan seperti mentol.

  • Jika pilek amat menganggu bayi Anda, encerkan lendirnya dengan menggunakan air garam lantas teteskan ke ujung lubang hidungnya. Setelah itu, sediakan alat penyedot ingus fungsinya untuk membersihkan hidung sang bayi.
  • Adapun untuk meringankan pernapasan bayi yang tersumbat dengan cara menepuk punggungnya secara perlahan. Lalu baringkan ia dengan posisi tengkurap pada lutut Anda, atau mampu dengan melepaskan bayi untuk duduk di pangkuan Anda dengan menghadap cenderung ke depan.
  • Jika berlangsung iritasi, usapkan petroleum jelly pada anggota luar lubang hidung bayi.
  • Jika cairan hidung, atau lender mengeras pada hidung bayi, segera membersihkan dengan kapas yang udah dibasahi air hangat.
  • Jika bayi udah memasuki usia 6 bulan, untuk mengatasi pilek Anda mampu menambahkan teh hangat. Karenanya, teh hangat mampu meredakan hidung yang tersumbat.
  • Perlu dihindari untuk menggunakan spray hidung pada bayi. Jika dambakan menggunakannya, konsultasikan khususnya dahulu dengan dokter.
  • Namun, perlu diwaspadai untuk tidak sembrono memilih obat pada sang bayi, gara-gara bakal membahayakan keadaan bayi. Lebih baik menghindari obat-obat yang dijual bebas untuk bayi yang berumur di bawah 6 tahun. Berilah obat-obatan yang udah diberikan dokter agar terhindar dari efek samping yang bakal membahayakan keadaan bayi Anda.
Baca Juga :  Tips Mencegah Kista Pada Wanita Dan Cara Mengobatinya

Jika bayi Anda mengalami demam, segera bawa ke dokter untuk ditunaikan kontrol dan tentang pemberian parasetamol atau ibuprofen pada bayi. Hindari untuk menambahkan obat aspirin gara-gara bakal berbahaya efek samping yang berbahaya. Selalu menghindari pula obatan-obatan herbal yang menyerupai ephedra atau efedrin pada bayi. Walaupun obat ini mampu meredakan hidung tersumbat, namun bakal ada efek samping yang lebih besar daripada manfaatnya.

Namun, ada sebagian gejala yang perlu diwaspadai kala anak Anda mengalami pilek. Jika udah mengalami gejala tersebut, segera konsultasi dengan dokter, diantaranya

Pilek yang disertai batuk mencapai 390 pada anak di bawah 6 tahun, dan demam mencapai 40C pada anak di atas 6 tahun.
Mata terasa berair.
Batuk yang disertai dengan napas yang amat cepat diiringi dengan nada bunyi.
Pilek yang tidak mereda setelah 5-7 hari berlangsung.
Nah inilah sebagian tips-tips sederhana untuk mengatasi pilek pada bayi Anda. Semoga bayi Anda mampu sembuh dan menggerakkan kegiatan sebagaimana biasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *